Cara Membuat Kolam Ikan Koi

Cara Membuat Kolam Ikan Koi paling sederhana adalah dengan kolam terpal dan drum biru diisi media filter seperti batu apung. Cara rumitnya banyak, tetapi secara garis besar bertujuan untuk membuat koi tetap hidup sehat.

Kolam koi yang Baik sangat mendukung pertumbuhan ikan koi

Joglo Koi Farm Kediri  082339754779

Cara Membuat Kolam Ikan Koi

Kamu mau membuat kolam buat budidaya ikan koi? Hingga kamu harus menjajaki panduan berikut ini, yang mana dengan panduan ini bisa jadi hendak menolong kamu buat merealisasikan kemauan kamu dalam membangun kolam koi tersebut.

Pada dasarnya tipe Ikan koi ( Cyprinus Carpio) merupakan salah satu tipe ikan yang banyak dipelihara spesial nya di negeri Indonesia, sebab ikan koi ini memiliki keelokan badan serta pula warna yang bermacam- macam.

Tipe Ikan koi ini memiliki warna serta pula corak yang khas serta dipercaya sanggup bawa keberuntungan oleh sebagian orang di negeri Jepang. Ikan koi ini memiliki gerakan yang cukup

lincah serta pula gesit, hingga dengan watak serta kepribadian tersebut membuat ikan ini sangat jitu buat melenyapkan penat serta pula tekanan pikiran buat sebagian dikala.

Umumnya, tipe ikan koi ini tidak dipelihara di dalam akuarium, melainkan di budidayakan di kolam, karena keelokan ikan koi ini ada pada bagian punggungnya. Tidak hanya itu, dimensi kolam yang mayoritas luas serta besar yang lebih besar pula membolehkan koi dapat bergerak lebih bebas.

Karakteristik Khas ikan koi

  • Ikan koi sangat bahagia menggosokkan badannya di pinggir ataupun dasar kolam.
  • Ikan koi ini dominan memerlukan oksigen dalam jumlah yang begitu melimpah
  • Ikan koi ini sangat menggemari kolam bertipe berarus
  • Ikan koi ini membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung buat melindungi keelokan pada sisiknya
  • Ikan koi cenderung lebih menggemari air dengan temperatur hangat daripada temperatur dingin.

Berikut panduan Cara Membuat Kolam Ikan Koi

Pemilihan Lokasi

Bagi lokasinya, kolam buat budidaya ikan koi bisa dibedakan jadi 2 berbagai ialah tipe kolam indoor serta terdapat pula kolam outdoor. Iktikad dari kolam indoor ini merupakan kolam yang terletak di dalam sesuatu bangunan. Sebaliknya tipe kolam outdoor merupakan kolam yang terletak di luar ruangan.

Perancangan Desain Kolam

Paling tidak, buat dikala ini ada 3 tipe desain buat kolam ikan koi yang mana 3 tipe itu bersumber pada wujud, ialah persegi, bundaran, serta model leluasa. Wujud persegi ini sering sekali digunakan baik dalam budidaya ikan koi ataupun tipe ikan yang lain.

Wujud persegi ini diciptakan supaya kolam senantiasa memiliki gaya resmi. Style seperti ini sangat sesuai buat aksesoris rumah minimalis, modern, serta ruangan buat keperluan yang lain.

Perancangan Sistem Filterisasi

Sebagaimana kolam ikan pada biasanya, tipe kolam koi juga pula butuh dilengkapi oleh bermacam- macam sistem filterisasi yang bermanfaat buat menciptakan oksigen serta pula melindungi kebersihan air di dalam kolam.

Buat kamu yang mau membuat kolam koi, sajikan pula buat sistem filterisasi yang pula dilengkapi dengan 2 berbagai saluran, ialah saluran buat air bersih serta pula saluran buat air kotor.

Penentuan Dimensi Kolam

Pada sesi Cara Membuat Kolam Ikan Koi, paling tidak kamu membutuhkan suatu ketelitian serta pula perhitungan yang begitu matang, supaya nantinya kolam yang dihasilkan dapat cocok dengan rancangan serta pula desain yang kamu mau.

Ada pula kedalaman kolam yang sesuai buat budidaya ikan koi yang lumayan sempurna merupakan kurang lebih dekat 1 m buat tipe ikan koi yang memiliki dimensi kurang dari 30 centimeter, kemudian setelah itu dimensi 1- 1, 5 m buat ikan koi yang berdimensi antara 30- 50 centimeter, serta yang terakhir dengan kedalaman lebih dari 3 m buat ikan koi yang berdimensi lebih dari 60 centimeter.

Tidak hanya itu, ada suatu perihal yang mana wajib kamu perhatikan pula dalam pembuatan suatu kolam ikan koi, ialah tentang sistem filtrasi yang terdapat pada kolam ikan koi

Sistem Filtrasi Air Pada Filter Kolam Koi

Tidak semacam tipe ikan arwana yang mana bisa dipelihara di dalam aquarium, tipe ikan koi ini biasanya dipelihara di dalam suatu kolam yang lumayan besar serta luas, kemudian di dalam kolam inilah ikan koi hidup secara berkelompok, dari mulai makan sampai membuang kotoran.

Kotoran ikan koi ini pula bukan cuma menciptakan limbah raga saja, tetapi pula menciptakan limbah kimia, hingga dari itu terdapatnya sistem filtrasi pada kolam ikan koi ini dibutuhkan, serta pula sepatutnya dirancang secara handal serta terjamin supaya bisa secara signifikan bisa menanggulangi kedua permasalahan tersebut.

Filter pada kolam koi yang baik merupakan yang dibagi dalam 2 bagian, ialah filtrasi yang bertabiat biologis yang mana berperan buat mengorganisir terdapatnya kuman aerobik( nitrifikasi) yang nantinya hendak secara optimal bisa memecah komponen kimia di dalam limbah/ kotoran ikan.

Yang kedua merupakan terdapatnya sistem filtrasi Mekanis, yang mana dengan terdapatnya sistem filtrasi mekanis ini buat membasmi bagian limbah raga semacam kotoran ikan, daun kering, serangga mati dll.

Membuat bottom drain ataupun pembuangan bawah

Sebagian besar kolam yang telah jadi ataupun yang telah siap buat budidaya ikan koi, pada biasanya sudah mempunyai terdapatnya saluran pembuangan di bagian dasar. Perihal ini diperuntukan supaya memudahkan dalam mensterilkan kotoran yang jatuh ke bagian dasar kolam.

Butuh kamu tahu Cara Membuat Kolam Ikan Koi kalau posisi saluran dasar ini bisa kamu buat di bagian terdalam dari kolam kamu. Kolam yang tidak mempunyai saluran pembuangan dasar hendak membuat kotoran menumpuk pada dasar kolam kemudian berkembang jadi bahan kimia beresiko yang bisa mengusik kehidupan ikan koi buat jenis kolam dengan saluran bottom drain

ini pula wajib teratur buat disedot/ dikuras, yang mana bertujuan buat membuang kotoran yang mengendap di dasar kolam. Pada bagian kolam yang mempunyai saluran pembuangan dasar, saluran umumnya ditunjukan pada tangki penampungan ataupun tangki pengendapan.

Metode Membuat Saluran Dasar Kolam

Buat menolong kamu dalam pembuatan saluran pembuangan bagian dasar yang pas, Hingga kamu bisa memilah dengan bahan pipa ataupun besi batang dengan dimensi masing- masing

3 inchi serta pula pakai pompa hirup dengan kekuatan menggapai 2500 galon per jam, kemudian setelah itu bila kamu memakai pipa dengan ukuran

5 inchi berarti kamu pula memerlukan pompa hirup dengan kekuatan 3500 galon per jam.

Perihal ini buat membenarkan saja kalau kamu memilah tangki pengendapan dengan dimensi cocok yang kamu mau serta buat mencocokkannya dengan saluran dasar yang kamu buat.

Biasanya dimensi pada tangki yang pas merupakan dekat 20% dari kapasitas pembuangan dasar kolam. Artinya bila kamu memakai pipa dengan dimensi 4 inchi yang mana dengan aliran 2500 galon per jam, berarti dimensi volume sempurna dari tangki pengendapan dekat 250 galon

Terdapatnya style gravitasi ini membuat sendimen dan kotoran

yang mengendap ke dasar kolam pengendapan hendak tersapu bersih. Begitu pula yang terjalin pada kolam ikan koi kamu, banyaknya

kotoran yang mengendap hendak tersedot secara optimal lewat saluran dasar serta nantinya hendak ditampung pada tangki pengendapan.

Add a Comment

Your email address will not be published.