Cara Merawat Ikan Koi Baru Beli

Ikan koi yang baru dibeli tentu membutuhkan perawatan yang khusus. Berikut ini uraian tentang cara merawat ikan koi baru beli. Semoga bermanfaat.

Kali ini kabar perawatan ikan Koi baru beli dari orang dagang ikan ataupun dari tempat budidaya. Perawatan ini diucap pula oleh para penggemar karantina koi. Karantina ikan koi sangat butuh dicoba saat sebelum melepas ke kolam yang sudah disediakan.

Tetapi saat sebelum karantina perihal utama yang butuh dicermati merupakan dikala membeli ikan koi, seleksi ikan yang sehat dimensi tubuh pola corak serta lain- lain.

Perawatan Koi saat sebelum dilepas ke kolam bertujuan buat melindungi kelangsungan hidup ikan.

Joglo Koi Kediri  082339754779

kerap kali koi yang langsung dilepas ke kolam sebagian hari setelah itu ikan tersebut mati. Buat mengestimasi perihal demikian hingga karantina butuh dicoba.

Banyak sekali pemicu ikan tersebut mati, tetapi pada intinya merupakan sangat kilat pergantian keadaan dari tempat budidaya ataupun kantong plastik dikala pengiriman dengan keadaan area kolam di rumah Andari.

Perbedaannya semacam keadaan air, temperatur, tidak hanya itu dapat pula akibat ikan lemah stress sepanjang dalam ekspedisi serta ikan telah terserang penyakit tadinya.

Hingga dari itu sangat butuh Koi yang baru dibeli menemukan perawatan spesial ataupun karantina buat memulihkan keadaan ikan serta menyesuaikan diri dengan area dekat secara lama- lama.

Perlengkapan yang diperlukan buat karantina

Sajikan kolam spesial buat karantina yang bersih serta steril jauh dari kendala apapun. Jika tidak terdapat kolam spesial dapat pakai tangki buat tempat ikan sepanjang dalam masa karantina, jika tidak terdapat pula Aquarium pula dapat ataupun apa saja tempat yang lumayan buat menampung Koi, yang berarti tidak sangat kecil paling utama panjang dikala ikan ingin berbelok. Jika ikan banyak pasti tempat pula yang lebih besar.

Sajikan pula heater buat mengendalikan temperatur air.

Proses perawatan ataupun karantina

  • Isi wadah tempat karantina dengan dengan air yang bersih campur dengan garam ikan cocok takaran 1 kilogram/ ton,
  • umumnya 2 kantong ataupun 3 kantong cocok banyak air. Campur pula obat obatan buat ikan yang biasa digunakan, jika tidak pula tidak apa- apa.
  • Atur heater temperatur air 27– 30” C. Jika tidak memiliki ya sesuaikan saja.
  • Awal kantong plastik berisi Koi diapung dahulu dalam wadah yang sudah disediakan sepanjang kurang lebih 1 jam. Ini bertujuan membiasakan temperatur air dengan temperatur dalam kantong.
  • Sehabis itu buka kantong plastic serta masukan ikan ke dalam wadah karantina, yang dimasukkan ikan saja, air jangan dimasukkan. Sebab air yang dibawa dari tempat budidaya koi memiliki obat- obatan serta bisa jadi pula bawa penyakit.

Ikan jangan diberi makan dahulu kurang lebih sepanjang 2 minggu.

Beri tutup wadah buat melindungi ikan melompat serta tempatkan pada wilayah yang tenang jauh dari kendala apapun.

Sehabis 1 minggu temperatur air boleh diturunkan lama- lama mengarah temperatur kolam yang sesungguhnya.

Sehabis kurang lebih 2 minggu amati keadaan Koi, jika keadaan ikan sehat telah boleh dilepas ke dalam kolam.

Cara Merawat Ikan Koi Baru Beli

Koi Stress Dalam Kantong Beroksigen

Koi yang baru dibeli umumnya dibawa dengan dimasukkan dalam kantong plastik yang berisi beroksigen. Dalam kondisi tersebut dapat ditentukan kalau koi dalam kondisi stress.

Gimana tidak, dengan ruang yang teramat kecil dalam kantong, koi nyaris tidak dapat bergerak serta apalagi buat bernapaspun hendak sangat terasa susah.

Mengenai yang biasa terjalin apabila koi meronta- ronta, kantong plastik tersebut wajib dibuka terlebih dulu buat memperoleh ruang gerak serta bonus kada oksigen.

Menyingkat Waktu Transportasi Koi

Mengingat ikan koi terletak dalam kantong plastik yang berisikan oksigen serta air yang sedikit serta dalam keadaan stress, hingga sebisa bisa jadi.

Jangan sangat lama membiarkan koi terletak dalam kantong plastik tersebut. Begitu hingga, lekas jalani aksi buat melepas koi ke tempat barunya.

Melepas Koi Dari Dalam Kantong

Cara Merawat Ikan Koi Baru Beli yang pertama adalah melepas dari kantongnya. Semacam yang telah kita tahu baik dari anjuran seorang pembudidaya yang telah mahir maupun data tertulis yang lain. Melepas koi dari kantong butuh beberapa langkah antara lain,

meletakkan koi masih dalam jalinan kantong diatas air kolam serta membiarkannya sebagian dikala( kurang lebih 15- 30 menit). Artinya buat membandingkan temperatur air didalam kantong plastik dengan dikolam.

Sehabis dicoba upaya tersebut tutup kantong dibuka, serta rasakan temperatur air didalam kantong dengan tangan, apakah sudah relatip sama dengan temperatur air dikolam.

Apabila dirasa suhunya sama hingga tambahankan air kolam ke dalam kantong secara lama- lama sampai penuh serta perkenankan koi keluar dengan sendirinya.

Metode itu telah biasa dicoba buat menjauhi pergantian keadaan air yang seketika. Tetapi pertanyaannya diketahui bagaikan apakah dengan langkah- langkah tersebut telah lumayan menjamin kenyamanan untuk koi yang baru masuk kolam? Jawabannya: Tidak. Kenapa demikian?

Koi Stress Rentan Terhadap Penyakit?

Sebagaimana manusia, koi pula mempunyai ketahanan badan. Apabila koi dalam kondisi sehat( bugat), hingga penyakit sulit buat melanda. Tetapi apabila koi stress, hingga bakal kurangi energi tahan badannya serta ikan koi hendak sangat gampang terkena penyakit.

Bisa jadi karena stress, ikan koi sering melompat.

Oleh lantaran tersebut yang mesti diupayakan merupakan melindungi supaya koi tidak stress, ataupun minimun dengan mengkondisikan biar koi lekas terlepas dari stress.

Tiap Kolam Koi Memiliki Mutu Air Yang Berbeda

Tidak terdapat satupun kolam ikan yang sama persis mutu airnya dengan kolam yang lain terlebih berbeda posisi ataupun tempat. Mutu air kolam di posisi toko ataupun penjual, nyatanya berbeda dengan di kolam kamu. Apabila perbedaannya lumayan significant, pastilah koi baru bakal kian meningkat stress.

Tidak bisa jadi kalian melaksanakan test air di kolam toko tiap kalian bakal membeli koi. Terlebih apabila kolam kamu tidak dilengkapi dengan sistem filter yang mencukupi. Setelah itu apakah dengan terdapatnya perbandingan kualitas air tersebut, kita tidak bakal membeli koi selamanya? Jawabannya pasti saja TIDAK. Yang tentu, kalian mesti menguasai perihal ini. Gimana solusinya?

Koi Baru Butuh Proses Karantina!

Tidak terdapat yang dapat menjamin koi yang baru kalian beli, bakal senantiasa hidup dikolam kamu. Tetapi terdapat langkah- langkah yang dapat dicoba buat menekan kematian koi baru, ialah dengan melewati proses karantina. Bolah saja apabila terdapat yang melaporkan kalau koi yang baru dibelinya sehat- sehat saja, tanpa wajib dikarantina.

Bisa jadi sebab telah berpengalaman, ataupun keadaan kolamnya sudah dilengkapi dengan system filter yang baik, ataupun memanglah koi nya betul- betul sehat yang berasal dari kolam toko yang baik pula. Tetapi aku percaya apabila tidak berjaga- jaga dalam memperlakukannya, koi baru dapat memunculkan permasalahan yang sungguh- sungguh serta berujung pada kematin.

Karantina Koi Mengapa Dibutuhkan?

Karantina koi diperlukan pada keadaan:

  • Koi baru, artinya baru beli ataupun baru tiba serta bakal dimasukkan ke kolam.
  • Koi yang sakit.
  • Kolam lagi dalam direnovasi ataupun perbaikan

Tempat karantina Koi

1. Apabila koi lagi sakit, hingga hendaknya pergunakan Aquarium buat karantina. Sebab keadaan raga koi sanggup dipantau dengan jelas, aquarium sangat efektip dipergunakan Apabila terdapat cedera pada koi serta sanggup terpantau perkembangannya.

2. Buat karantina koi baru, dapat dipergunakan bak fibre/ semen apabila aquarium sangat kecil. Kecuali koi sakit hendaknya di aquarium.

Add a Comment

Your email address will not be published.