Cara Merawat Ikan Koi di Kolam Terbuka

Cara Merawat Ikan Koi di Kolam Terbuka sebenarnya sama saja dengan kolam Indoor atau ruang tertutup. Mungkin karena kena panas dan hujan langsung membuat orang bingung dan panik ketika ada beberapa ikannya yang mati. Pemesanan Ikan Koi Langsung saja Hubungi via WA atau Call di  082339754779

Berikut ini beberapa tips yang semoga bermanfaat bagi penghobi ikan koi yang memiliki kolam terbuka Outdoor di taman atau depan rumah.

Kolam Ikan Koi Terbuka

Seperti kita ketahui bersama, habitat ikan koi sebenarnya adalah DANAU. dan jelas terbuka. Kolam di petani ikan juga sudah tentu terbuka di sawah atau di kebun.

Perbedaannya terletak pada jenis kolamnya. Kolam petani tentu kolam tanah atau mudpond. habitatnya mirip danau. Ekosistemnya alami. Makanannya Alami atau pelet.

Bagaimana dengan kolam semen dan kecil menggunakan filter buatan?

  • Desain kolam harus benar. Dalam minimal 1 Meter, filter bagus, Air mengalir sempurna. kapasitas pompa 1-2x volume kolam
  • Mudah di kuras dan diisi air baru.

Penyakit Ikan Koi Pada Kolam Terbuka

Ada beberapa penyakit yang sering muncul seperti jamur, parasit, kutu dll. pada kolam terbuka. penyebabnya adalah :

  • Air hujan bersifat asam. PH berubah drastis
  • Panas terik dan malam dingin. Kolam kurang dalam, perubahan suhu drastis, ikan melemah.
  • Debu dan kotoran pembawa penyakit, kutu, parasit.
  • Mikroorganisme tumbuh kena panas matahari.

Cara Merawat Ikan Koi di Kolam Terbuka

Cara merawat ikan koi di kolam terbuka berjenis kolam semen dengan filter sebenarnya sulit. tetap saja ada resikonya ketika hujan menerjang. Cara paling gampang, atasnya dikasih plastik dan paranet. sehingga volume hujan tidak banyak dan panas tidak langsung kena kolam.

Cara rumitnya, Setiap hujan, buang air tinggal 20%, dikasih garam ikan krosok 5% dari volume air yang tinggal sedikit tersebut. Misal volumenya tinggal 20% itu 1 kubik (1M3). Maka dikasih garam krosok 5kg. setelah 1 hari, diisi air lagi normal.

Cara pengobatan, siapkan aquarium karantina. Sebenarnya setiap penghobi koi wajib punya aquarium karantina lengkap heater, aerator dan pompa. Ikan yang terlanjur sakit, menyendiri diangkat masukkan aquarium karantina.

Sakit jamur dikasih obat jamur. kena parasit kasih obat parasit. kena kutu kasih obat kutu. kena virus khv, kasih PK. Heater suhu 28C. Obatnya ada di toko Ikan lengkap. tinggal bilang saja, dosis sesuai aturan. Sering penghobi ikan mati karena tidak sabar.

Ikan sakit tidak bisa langsung sembuh. obati 3-6 hari sesuai dosis. Overdosis juga membuat ikan mati. Air hangat heater mencegah penyakit berkembang.

Kolam Koi Terbuka Stabil

Apabila kolam koi anda bersifat Outdoor terbuka dan dalamnya 1,5M lebih, dengan sistem sudah sempurna, biasanya kondisi airnya sangat stabil. Kolam koi seperti ini, airnya cukup diganti 20-30% saja setiap terkena hujan ikannya tetap sehat saja.

Pemberian pakan untuk udara dingin atau hujan sebaiknya 1x perhari atau dipuasakan saja sehari. Demikian artikel Cara Merawat Ikan Koi di Kolam Terbuka semoga bermanfaat.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published.