Penyebab Ikan Koi Mati Mendadak

Ikan koi anda tiba-tiba mati mendadak? Bila Kamu seseorang yang hobi dengan ikan paling utama ikan koi, Kamu tentu tidak mau nyawa hewan peliharaan Kamu itu dalam bahaya paling utama untuk ikan koi dengan mutu bagus yang harganyapun besar.

Ikan Koi Jarang Sekali Mati Mendadak Tanpa menampakkan gejala sebelumnya

Joglo Koi Farm Kediri  082339754779

ikan koi mati mendadak

Ikan koi sendiri sesungguhnya tidaklah ikan yang rewel serta lumayan gampang menyesuaikan diri dengan tempat tinggalnya. Bagi Ask. com, rata- rata ikan koi dapat bertahan hidup sampai 50 hingga 70 tahun. Namun sebagian ikan koi yang sehat serta terpelihara baik sanggup bertahan hidup sampai 200 tahun. Rekor ikan koi tertua yang sanggup hidup sampai 226 tahun bernama Hanako yang mati di tahun 1977.

Buat melindungi supaya koi peliharaan Kamu dapat hidup lama, hingga sebagian aspek dalam merawatnya butuh dicermati dengan cermat. Koi yang telah terpelihara baik- pun masih memeiliki kemampuan hadapi penyakit yang mematikan bila tidak lekas ditemukan. Berikut merupakan sebagian aspek yang sanggup mengecam nyawa ikan koi Kamu:

1. Pestisida

Pestisida ataupun obat- obaan yang diberikan kepada tumbuhan di dekat kolam koi bisa mengundang bahaya sebab dikala hujan, bahan beresiko tersebut dapat turut mengalir ke dalam kolam serta membunuh ikan koi. Cobalah buat merancang penempatan kolam koi dengan baik teruama sistem drainase untuk yang mau menempatkan kolam berdekatan langsung dengan halaman.

2. Virus/ Bakteri

Seperi halnya manusia, virus serta kuman pula dapat mengecam nyawa ikan koi. Tipe virus semacam Herpes serta Rhabdovirus carpio yang melanda koi apalagi sangat beresiko serta tidak bisa dipulihkan. Sebagian metode buat menjaganya supaya bebas dari virus serta kuman merupakan dengan melindungi mutu air, mengendalikan kolam supaya sisinya tidak tajam serta memberinya pakan yang baik.

3. Melompat Keluar Kolam

Koi merupakan tipe ikan yang gemar melompat. Buat melindungi keamanan, cobalah merancang zona kolam yang lumayan luas maupun dengan meningkatkan jaring di bagian atas kolam supaya ikan tidak langsung jatuh diluar kolam dikala melompat.

4. Kekurangan Oksigen

Sebagian perihal butuh dicermati supaya supply oksigen di dalam kolam lumayan semacam banyaknya ikan, tumbuhan air serta pula oksigen buatan yang disediakan. Dikala ikan koi berkembang, kebutuhan hendak oksigen pula meningkat. Siapkan kolam Kamu supaya senantiasa memiliki ruang lumayan buat dimensi koi Kamu berkembang besar.

5. Predator

Ikan koi pula banyak menemukan ancaman dari hewan lain semacam kucing liar, burung maupun katak berdimensi besar. Memasang jaring dapat jadi ialah satu metode buat menjauhi hewan- hewan ini memperoleh akses masuk ke dalam kolam.

6. Ulcer( Sariawan)

Dikala hawa lagi dingin, ikan koi bahagia buat terletak di dasar kolam. Bila kolam yang Kamu miliki mempunyai sisi tajam ataupun dibuat dari batu, perihal ini dapat menimbulkan cedera pada badan koi. Cedera ini nantinya dapat berganti jadi ulcer serta terjalin peradangan yang bisa menewaskan ikan koi Kamu. Perencanaan hendak kolam yang hendak dihuni ikan koi sangatlah berarti.

7. Ikan Koi Mati Mendadak karena Parasit

kan koi yang terkena parasit hendak lumayan susah buat dikenali kecuali ikan tersebut menampilkan isyarat tertentu. Parasit bisa diatasi dengan cairan anti- parasit yang gampang buat didapatkan, yang terutama merupakan senantiasa awas dengan keadaan ikan yang nampak menyendiri, tidak lincah, tidak ingin makan maupun corak badannya berganti.

8. Mutu Air yang Buruk

Pemicu sangat utama koi Kamu tidak bisa hidup lama merupakan sebab mutu air yang kurang baik. Sistem penyaringan wajib kerap di uji supaya kebersihan kolam bisa senantiasa terpelihara.

Demikianlah sebagian pemicu utama seringnya ikan koi hadapi kematian dini. Senantiasa ingatlah kalau pemeliharaan koi membutuhkan perencanaan matang serta pula ketelitian dalam menjaganya.

Tetapi bila ikan koi Kamu sanggup berkembang dengan sehat serta baik, pastinya Kamu pula yang sanggup menikmati keindahannya buat waktu yang lama.

Indikasi STRESS

1. Ikan berupaya membebaskan/ melenyapkan suatu( flashing) yang melekat pada sisiknya dengan menggosokan tubuh ke bilik ataupun dasar apalagi pipa2 di dalam kolam.

2. Menggelang- gelengkan kepala serta terkadang seolah- olah mengangkut kepalanya buat mengambil suatu di tepian kolam( diatas permukaan air).

3. Salah satu indikasi tekanan pikiran yang diisyarati dengan ikan yang melompat biasa terjalin dikala ikan koi baru masuk ke kolam baru. Ini normal sebab ikan lagi menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru. Ikan Koi ini melompat“ keluar” sebab terdapat suatu di dalam air yang tidak cocok dengan kemauan mereka, sehingga mereka mencari tempat lain yang dikira lebih aman.

4. Tidak hanya gerakan melompat mau mencari tempat baru, indikasi tekanan pikiran pada ikan koi dapat pula ditunjukkan dengan dengan tidak ingin makan yang membolehkan ikan gampang terserang

penyakit. Walaupun kita kasih pelet yang dimensi kecilpun ia cuma menelan sebentar kemudian di keluarkan kembali pelet tersebut.

Nafsu makan koi berkurang

5. Ikan Koi yang tekanan pikiran pula terlihat lesu serta diam saja, umumnya berdiam diri di dasar kolam semacam tidur dimana siripnya juga tidak bergerak.

6. Indikasi lain tekanan pikiran pada ikan koi merupakan corak yang memudar, berat badan yang menurun, ada

cedera serta hilangnya sebagian sisik. Sirip serta ekor yang berdarah pula dapat jadi tanda- tanda ikan koi hadapi tekanan pikiran.

Pemicu Serta PENANGGULANGAN STRESS

1. Akibat di perjalanan

Umumnya pada dikala kita baru membeli ikan dari pasar yang sepanjang dalam ekspedisi ikan tersebut terserang goncangan sehingga buatnya ketakutan serta stress.

Penanggulangan:

Diamkan ikan senantiasa didalam plastik bawaan dikala kita membeli di pasar, letakkan plastik berisi ikan tersebut didalam kolam yang hendak kita masukkan. Perkenankan plastik tersebut sepanjang kurang lebih 2 jam terapung- apung diatas permukaan air kolam supaya temperatur air yang didalam plastik membiasakan ataupun membandingkan dengan temperatur air kolam.

Karantinakan ikan yang hendak dimasukkan ke kolam dengan merendamnya didalam ember yang sudah diberi garam agresif seperlunya sepanjang 3 menit.

Masukkan koi kedalam ember/ baskom

2. Parameter air yang kerap berubah

Paling utama buat kandungan

ammonia, nitrite, nitrate, pH serta DO. Spesialnya buat isi pH( derajat keasaman) air dapat kita ukur dengan memakai pH m. Pada air murni bisa dinyatakan bagaikan larutan netral, dalam temperatur 25 derajat Celcius mempunyai pH 7, sebaliknya bila larutan memilik pH di atas 7, 0 hingga dapat dikalangan larutan basa sebaliknya bila larutan mempunyai nilai pH di dasar 7, 0 hingga larutan tersebut dapat digolongkan bagaikan larutan asam. Wajarnya nilai pH air tawar aquarium dekat 6, 5 s/ d 7, 5.

Penanggulangan:

a. Apabila hasil ukur menampilkan nilai pH dibawah 6. 5 berarti kita wajib menaikkan nilai pH tersebut dengan sebagian metode:

Memasukkan pecahan koral serta pecahan kulit kerang dicampur dengan potongan batu kapur kedalam kolam.

Memakai larutan kalium hidroksida ataupun biasa diketahui dengan istilah KOH, kita dapat membagikan larutan KOH pada media hidroponik sedikit demi sedikit hingga nilai pH cocok yang kamu mau.

Add a Comment

Your email address will not be published.